Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

RUMAH BIBIT AGROWISATA DESA BENTENG

RUMAH BIBIT AGROWISATA DESA BENTENG

BENTENG-Memanfaatkan bantuan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari Kementrian Pertanian. Kelompok Taruna Tani Pasangrahan Desa Benteng Kecamatan Campaka binaan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta berhasil membangun rumah pembibitan sekaligus rumah edukasi untuk masyarakat dalam mempelajari tata cara bertani.

Rumah bibit milik kelompok tani tersebut memiliki lahan seluas 5000 meter dan diketahui tengah mengembangkan bergam jenis bibit sayuran dan buah-buahan hingga tanaman hias untuk dapat diperjual belikan.

Menurut Kadispangtan Purwakarta Agus Rachlan Suherlan, rumah pembibitan hasil dari program (P2L) milik kelompok pertanian tersebut manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh para petani dalam mencukupi kebutuhan pangan pribadi ataupun telah menjadi sumber pendapatan tambahan.

"Manfaat daripada rumah bibit ini harus menjadi penopang para petani baik dari segi perekonomian ataupun kebutuhan pangan yang dapat di konsumsi sendiri sehingga dapat terwujudnya gerakan ketahanan pangan yang nyata," ucap Agus,

"Berupaya meningkatkan ketersediaan pangan dengan membudidayakan berbagai komoditas sayuran daun ataupun sayuran buah dalam situasi pandemi Covid-19 ini, diharapkan setelah menjadi sumber pangan cadangan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan imun tubuh," demikian Agus.

Memiliki konsep Rumah Bibit semi Agrowisata ketua Kelompok Taruna Tani Pasangrahan Desa Benteng, Nurdin mengaku konsep tersebut akan menjadi daya tarik untuk mendatangkan minat kunjungan dan meningkatkan daya beli masyarakat di rumah bibit tersebut.

Menurutnya, dengan memberi konsep Agrowisata pengunjung tidak akan merasa jenuh saat mengunjungi tempat tersebut.

"Jadi selain membeli bibit atau membeli hasil pertanian disini konsumen dapat sekaligus menikmati pemandangan yang ada. Maka dari itu, kami berfokus untuk membuat beberapa spot yang menarik untuk dijadikan tempat berswafoto," pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler