Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

KOHE : PENGGANTI PUPUK KIMIA DAN EKONOMIS

KOHE : PENGGANTI PUPUK KIMIA DAN EKONOMIS

Teknologi Pertanian ramah lingkungan adalah teknologi yang tidak merusak lingkungan dan tetap menghasilkan produktivitas tinggi yang mengedepankan keamanan pangan bagi masyarakat. Emisi Gas Rumah Kaca yang menyebabkan terjadinya pemanasaan global dan berdampak langsung dan tidak langsung terhadap sitem pertanian. Pemanasan global akan menyebabkan perubahan iklim, perubahan pola curah hujan, banjir dan kekeringan bergeser polanya yang pada gilirannya merugikan usaha tani.

Kotoran Hewan? Dari namanya saja dipastikan kotor, menjijikkan dan mempunyai bau yang tidak sedap sehingga timbul keinginan untuk membuangnya. Maka tidak mengherankan kalau kotoran hewan sering menimbulkan masalah jika tidak ditangani secara baik. Selama usaha ternak sapi berlangsung akan banyak limbah yang tertimbun di sekitar kandang terutama bagi para petani dipedesaan yang kandang rumahnya dekat dengan pemukiman. Hal ini akan menjadi masalah apabila tidak dikelola secara baik, maka kotoran hewan tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan juga menimbulkan bau yang tidak sedap bagi lingkungan sekitarnya bahkan dapat menimbulkan penyakit.Oleh karena itulah kotoran hewan tersebut harus diproses menjadi bentuk lain yaitu salah satunya pupuk kandang / pupuk organik sehingga tidak dibiarkan menumpuk begitu saja disekitar kandang dan diperoleh manfaatnya.

Masalahnya kotoran hewan tidak bisa langsung terurai menjadi kompos. Kotoran masih berupa unsur kompleks, belum sederhana.Maka melalui pengomposan modern dengan menggunakan mesin bantuan dari Provinsi Jawa Barat.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengubah limbah kotoran hewan menjadi suatu produk bermanfaat yang mempunyai nilai ekonomis serta mampu menggantikan penggunaan pupuk kimia atau mengurangi biaya produksi.

Targetnya beberapa anggota kelompok tani Desa Benteng Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta yang memelihara sapi belum pernah mengolah limbah kotoran sapinya menjadi kompos / pupuk kandang dan mempunyai motivasi untuk meningkatkan sumber daya manusianya guna meningkatkan pendapatannya. dan kesejahteraan bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler